Takbir Ied (Fitri & Adha)

Takbir Ied (Fitri & Adha)

  • Takbir pada waktu Hari Raya Ied (idul Fitri & idul Adha) hukumnya sunah.
  • Takbir merupakan suatu pemandangan indah yang mencerminkan syi’ar Islam dan ukhuwah islamiyah (persaudaraan), sesungguhnya orang islam itu bersaudara.
  • Takbir adalah pernyataan syukur kepada Allah atas selesainya pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan yaitu suatu ibadah badaniah yang paling lama dilaksanakan oleh seorang Muslim dari fajar menyingsing sampai terbenamya matahari selama satu bulan .
  • Takbir merupakan pengumuman selesainya ibadah Haji setelah wukuf di Arafat pada tanggal 9 Dzul Hijjah dan melontar Jumratul Aqabah pada tanggal 10 Dzulhijjah (tahallul).
  • Disunahkan bagi setiap orang mengeraskan takbirnya ketika keluar menuju masjid atau tanah lapang untuk shalat.

عَنْ أُمِّ عَطِيَّة رَضِيَ اللهُ عَنْهُا قَالَتْ كُنَّا نُؤْمَرُ بإخْراجِ الْحُيَّضِ فَيُكَبِّرْنَ بِتَكْبِيرِهِمْ (رواه الشيخان)

Dari Umi ‘Athiyyah ra, ia berkata: “Dahulu kami diperintahkan (pada hari ied) untuk mengeluarkan wanita yang sedang haid, mereka bertakbir dengan takbir mereka ” (HR Bukhari Muslim). Hal ini diperintahkan untuk mengharap keberkahan dan kesucian hari itu

Takbir Ied dibagi atas dua bagian:

1- Takbir Mursal (Bebas) yaitu takbir Iedul Fitri yang dilakukan sepanjang malam dan pagi hari di rumah, di masjid, di jalan raya dan dimana saja, waktunya mulai terbenam matahari malam iedul fitri (malam takbiran) sampai imam ber-takbiratul ihram pada shalat iedul fitri. Allah berfirman:

وَلِتُكْمِلُواْ الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ – البقرة ﴿١٨٥﴾

Artinya: “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (Qs Al-Baqarah ayat:185)

2- Takbir Muqayyad (Terikat) ialah takbir Iedul Adha yang diucapkan setelah shalat lima waktu bagi yang tidak melakukan ibadah Haji. Waktunya dimulai dari fajar hari Arafah (9 dhulhijjah) sampai selesai hari-hari Tasyrik yaitu 13 dhulhijjah di waktu shalat ashar.

عَنْ عَلِيٍّ وَعَمَّارٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَجْهَرُ فِي الْمَكْتُوبَاتِ بِ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ , وَكَانَ يَقْنُتُ فِي الْفَجْرِ , وَكَانَ يُكَبِّرُ يَوْمَ عَرَفَةَ صَلاةَ الْغَدَاةِ , وَيَقْطَعُهَا صَلاةَ الْعَصْرِ آخِرَ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ (رواه الحاكم و قال هذا حديث صحيح الإسناد)

Dari Ali ra dan Ammar ra, mereka berkata: “sesungguhnya Rasulallah saw menjaharkan bacaan”Bismillah ar-Rahman ar-Rahim) dalam shalat lima waktu (yang dijaharkan), berqunut dalam shalat subuh, dan bertakbir mulai dari shalat subuh di hari Arafah sampai selesai hari-hari Tasyriq di shalat ashar” (RH Hakim dengan sanad shahih)

Cara Takbir Iedul Fitri Dan Adha

اَللهُ اَكْبَرْ اَللهُ اَكْبَرْ اَللهُ اَكْبَرْ لاَالهَ اِلاَّ اللهُ وَالله اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرْ وَللهِ الْحَمْدُ 3×

اَللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَلاَ نَعْبُدُ اِلاَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الكَافِرُوْنَ لاَاِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَاَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ اْلأَحْزَابَ وَحْدَهُ لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرْ وَللهِ الْحَمْدُ

Artinya: Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar. Tidak ada Tuhan melainkan Allah. Allah maha besar. Allah maha besar. Milik Allah lah segala puji-pujian”.

Allah maha besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji-pijian milik Allah dengan sebanyak-banyaknya. Maha suci Allah di waktu pagi dan petang. Tidak ada Tuhan melainkan Allah. Kami tidak menyembah melainkanNya dalam keadaan kami mengikhlaskan agama untukNya, sekalipun orang-orang kafir membenci. Tidak ada Tuhan melainkan Allah satu-satunya. Dia telah menepatkan janjiNya dan telah menolong hambaNya serta mengalahkan tentera-tentera bersekutu (dengan kekuasaanNya) semata-mata. Tidak ada Tuhan melainkan Allah. Allah maha besar”.

لِمَا صَحَّ أَنَّ النَبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَهُ عَلَى الصَفَا (رواه مسلم)

Bacaan takbir diatas telah dilakukan Rasulallah saw ketika beliau sa’i dan berada di atas bukit shafa (HR Muslim)

Posted on Februari 29, 2012, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. alhamdulillah hari ini sudah selesai solat iedul fitri 17-juli-2015

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: